TPA|Psikotes|PNS|S2|S3|TOEFL

Sukses Tes | Bright Future

Tip Menghadapi TPA June 18, 2008

Filed under: Tes Potensi Akademik — suksestes @ 2:07 am
Tags: ,

Tip-tip TPA (Tes Potensi Akademik), berikut tip yang kudapat dari temen2 maupun dari pengalamanku :

• Serptinya Soal-soal TPA tidak dirancang atau tidak harus kita jawab semuanya. Kita ambil soal matematika dasarnya sebagai contoh. 90 soal, 60 menit. Berarti 1 soal 40 detik. Orang jenius macam apa yang bisa ngerjain setiap soal dalam 40 detik? Baca soalnya aja udah 20 detik sendiri. Jadi, strateginya adalah dalam 20 detik membaca soal itu kita sudah tentukan, soal ini gampang atau tidak. Kalo susah, ya tinggal aja, kerjain yang lain. TPA itu soalnya 250 biji, jadi jangan kuatir kehabisan soal.
• Kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu. Ini mungkin trik kuno, tapi beneran harus dipraktekkan. Biasanya yang di depan-depan itu lebih susah dan lebih makan waktu, jadi coba mulai dari bagian belakang.
• Beli buku-buku TPA ,tapi untuk bisa membayangkan soal TPA yang sesungguhnya, atau klik atau lihat DISINI
kalikan kesulitannya tiga kali. OTO Bappenas memang nggak kira-kira bikin soalnya.
• Untuk menaklukkan soal-soal bahasa Indonesia, sering-sering baca kolom-kolom di koran. You know, those on the editorial pages. Soal-soal bacaan/wacananya kebanyakan diambil dari sana. Kalo nemu kata-kata yang aneh, segera konsultasikan dengan kamus Bahasa Indonesia.
• Coba ingat beberapa istilah kunci di bidang statistik. Ini keluar di beberapa nomor pertanyaan Bahasa Indonesia. Misalnya: variansi,simpangan baku, dan semacamnya.
• Sisakan waktu untuk “nembak”/ ngawur aja. Jelas. Lihat butir nomor satu. Nggak ada nilai minus kok.

About these ads
 

8 Responses to “Tip Menghadapi TPA”

  1. freddy Says:

    argghhh,, goro – giri besok gw tes masuk ekstensi ui cari contoh soal ujian kaga nemu..

  2. monree Says:

    gw binggung ne harus napain menghadapi soal tpa soalnya gw kemaren pernah ikut ujian tapi gw gugup soalnya banyak kali soalnya. belum lagi mikir n melingkarinya di lembar jawaban. ada gk soal tpa tahun lalu ato tahun sekarang kalo ada. thanks

  3. yuni.fyi Says:

    hwaaa…help me pliz…
    gw besok test nehh..tapi belom nemu soal..mw beli juga belom sempet..hikz2..

  4. Harry Says:

    hahha.. Mas jangan salahin yang bikin soal..kalau mau mudah …. seleksinya ngak usah pake TPA ajah..

    Dalam mengerjakan TPA yang penting tidur nyenyak malam harinya dan ngak usah stress…. karena soal-soal yang ada merupakan hal yang sudah kita sering pelajari sewaktu SMA dan kuliah… hanya perlu perhatikan dengan peribahasa dan arti kata yang terbaru..

  5. ryo Says:

    sangat berguna tipsnya thanks..

  6. asti Says:

    thx alot 4 ur tips….
    denger2 emang susah ujian di BAPPENAS…. katanya standar S2 gt yah..??
    well, wish me luck..

  7. Tb. Kusai Says:

    wais… gue juga pingin masuk pasca sarjana UNJ, sibuk cari contoh soal TPA DAN BAHASA INGGRIS kagak nemu juga kata orang betawinye!

  8. Syahking Says:

    Gue si santai aja, TPA menggali kemampuan dasar kita pribadi


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.